Onix dari campurdarat tulungagung mendunia


Benda yang sangat indah dan tahan lama ini biasa disebut sebagai ONIX atau batu marmer.Jika menyebut batu onix, tentu langsung ingat Campurdarat. Maklumlah,
Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung, memang penghasil kerajinan batu onix dan marmer terbesar di Indonesia. Di daerah ini terdapat sebuah gunung batu penghasil marmer yang sudah sangat terkenal. Terletak di Desa Besole, Kecamatan Campurdarat, sekitar 18 km arah selatan kota Tulungagung. Daerah ini juga merupakan sentra kerajinan batu onix yang sudah terkenal sampai ke manca negara. Masyarakat di wilayah ini juga mampu memanfaatkan potensi tersebut sebagai kerajinan yang menarik dan menjadikan sebagai sumber utama mata pencaharian sehari-hari. Di sini terdapat sekitar 150 unit usaha yang mengusahakan kerajinan ini dengan produksi berbagai kerajinan maupun furniture keperluan rumah tangga.
Selain pasar domestik seperti Surabaya, Jogjakarta dan Jakarta banyak menyerap produksi benda mengkilap ini. Penjualan kerajinan batu onix dari Campurdarat juga sampai ke luar negeri, seperti Jepang, Amerika Serikat, Taiwan, dan Prancis. Konon Makan mantan presiden RI H. M Soeharto dan istrinya Tien Soeharto (Astana Giribangun Karangnyar Solo Jawa Tengah) dibuat dari batu marmer jenis ‘Kawi Agung' yang merupakan marmer terbaik asal Kabupaten Tulungagung. Produksi kerajinan onix dari kecamatan campurdarat ini memang sangat istimewa, dari kekuatan dan seni garis uratnya yang sangat indah sehingga membedakan onix dari kota lainnya.

Sempat Gulung Tikar
Industri kerajinan marmer dan batu onix di Campurdarat, Tulungagung, sempat terancam gulung tikar. Ini disebabkan melonjaknya biaya ongkos produksi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada Januari 2003. Banyak di antara penjual yang mengakui omset penjualannya mengalami penurunan drastis hingga 50%.
Meski demikian, masyarakat setempat mampu mengantisipasinya dengan mengurangi jumlah produksi barang kerajinan. Jika sebelumnya mereka dalam memasarkan barang-barang tersebut tidak dengan menunggu permintaan artinya memproduk barang banyak baru kemudian dipasarkan. Selama kenaikan BBM mereka hanya memenuhi pemesanan.
Beberapa jenis barang yang hanya melayani pemesanan dalam jumlah besar dan kecil baik dalam maupun luar negeri. Diantaranya, macam-macam marmer lantai, kerajinan hias, patung, meja kursi, lampu, piring, piala, mozaik & marmo, wall cloud, dan dinding.

Para pengusaha dan perajin mulai jeli dalam memproduk suatu barang. Batu onix telah diproduksi dan memiliki ribuan bentuk jenis kerajinan. Harga jual kerajinan batu onix mulai dari yang seharga Rp 1.500 hingga Rp 30 juta. Untuk harga yang murah, biasanya berupa gantungan kunci, piala dan peralatan rumah tangga. Sedang yang harganya hingga puluhan juta adalah berupa patung dan arca. ukurannya pun juga berbeda-beda ada yang sekecil bolpint ada juga yang segeda rumah. Tertarik ?
Di Campurdarat, selain memiliki potensi bebatuan berupa marmer dan onix. Jenis batuan lainnya yang umumnya terdapat di Tulungagung bagian selatan belum begitu dioptimalkan penggalian dan pengolahannya. Seperti batu gamping, lempung, kalsit, bentonit, piropilit, tanah liat, kaolin, dan andesit yang banyak digunakan sebagai bahan bangunan dan bahan baku industri plastik, keramik, porselin, cat, karet, dan gelas.
Akan tetapi, akan terasa mengherankan bila daerah dengan sumber daya alam berlimpah, penduduknya justru tidak merasa menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri. Karena, konon dari Kecamatan Campurdarat yang kaya akan bebatuan dan potensi wisata, justru banyak warganya yang mengadu peruntungan dengan menjadi TKI. ( sumber : d-infokom )
1 Response
  1. wadduh..........gug sallah harga.a nyampe segitu????